Minggu, 12 Februari 2012

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW


Oleh : Eko Hastuti

(By holding the Maulud Commemoration of our prophet Muhammad SAW let’s improve our faithrul and believe in God as the prove of Islamic Character)

OSIS SMPN 1 Wonosobo, Sabtu, 10 Februari 2012 di halaman sekolah telah menyelenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan yang berlangsung mulai jam 08.00 tersebut bertujuan untuk menanamkan karakter siswa dalam mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT.
Siswa juga diharapkan bisa meneladani sifat-sifat nabi Muhamad SAW yang sangat mulia. Sebagai pra acara, beberapa lagu Islami dilantunkan oleh beberapa siswa dan guru. LCC PAI juga digelar untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang ilmu agama Islam yang selama ini disampaikan dalam pembelajaran. LCC PAI diikuti oleh tiga regu yang mewakili kelas 7, 8, dan 9. Peserta tersebut merupakan finalis LCC PAI yang telah diselenggarakan beberapa hari sebelumnya. 
Lomba lainnya yaitu lomba Adzan, Tilawah, Kaligrafi, dan  Fashion Show Busana Muslim. Lomba-lomba tersebut telah dilaksanakan mulai hari Kamis, 9 Februari 2012 jam 13.30 s/d 16.30 WIB. LCC PAI dimenangkan oleh Regu C dari kelas 8E (Zahrotun, Ridwan, Rizki Amalia), yang mengalahkan Regu A dari kelas 7 dan Regu B dari kelas 9.
Sebelum pengurus OSIS, Risti dan Renaldi memberikan sambutan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Peserta Fashion Show bergantian lenggak-lenggok di atas panggung. Dilanjutkan tampilan Tari Tepak-Tepak Putri yang dibawakan oleh Sisca dan Anisa. Sambutan Ketua Panitia juga disampaikan oleh ketua OSIS (Anggit) dan Afifah dalam dua bahasa. Penampilan Group Musik Akustik mengibur para hadirin sebelum sambutan Ketua Komite disampaikan oleh Bapak Iswo. Dua buah lagu berjudul “ Sholatu dan Demi Nafasku ‘Pasha Ungu’ “ dibawakan oleh Ilham, Huri, Hanif dan Imerico dengan kompak. Group Rebana yang terdiri dari 13 personil juga tampil membawakan lagu-lagu Islami. Selain menghibur juga sebagai ajang berlatih sebelum tampil Lomba Rebana tingkat Karesidenan Kedu.
 “ Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pembentukan pribadi yang Islami. Kalian bisa meneladani sifat-sifat Nabi ketika masih kecil yang jujur dan patuh pada orang tua. Komite bangga bila kalian semua mau belajar keras sehingga mampu meraih prestasi akademik maupun non akademik. Mudah-mudahan kerja keras kalian dan Bapak Ibu Guru menjadikan RSBI menjadi SBI di tahun-tahun mendatang” kata Iswo bersemangat. Tari Lengger Sulasih yang dibawakan oleh Valentine, Lisa Safira dan Yuanita semakin menambah hangat suasana.
“ Tiga Kunci Sukses yaitu niteni : mempelajari (learning), nurun : mencontoh (follow), dan nambahi : kreatifitas (inovation) “ kata Sri Wahyuni selaku Wakil Kepala SMPN 1 Wonosobo saat memberi sambutan. Tidak ketinggalan yel-yel, “Spenza Jaya, Siswa-Siswanya luar biasa “ diteriakkan oleh Bu Yuni dan ditirukan oleh semua siswa. Sebelum Hikmah Maulid Nabi disampaikan oleh Almukharom Bapak Sudani, S.Ag dimulai, Tari Sontoloyo yang dibawakan oleh Andita kelas 7E sangat menarik perhatian siswa. Tarian yang sangat atraktif dan unik dengan mengenakan topeng ini tidak kalah menarik dengan tarian sebelumnya. Tarian ini juga akan tampil saat study visit to Bali yang akan dilaksanakan beberapa waktu mendatang.
“ Insyaalloh, siswa SMPN 1 Wonosobo tidak hanya paham ilmu duniawi saja tetapi juga ilmu akherat. Dengan kegiatan ini mudah-mudahan kalian dapat meneladani ajaran Rosul yang sangat menghargai perbedaan dan keyakinan, sehingga terhindar dari permusuhan dan tercipta kerukunan dan kedamaian “ kata Bapak Sudani mantap. Beliau juga menandaskan bahwa Rosulullah itu diutus untuk membangun budi pekerti dan akhlak manusia. Maka, kalau mengaku umat Nabi Muhammad benahi akhlaknya. Gunakan umur dengan sebaik-baiknya dengan belajar, karena mencari ilmu itu juga ajaran dari Alloh SWT”. Acara usai sekitar jam 13.30 ditutup dengan doa bersama. “Beberapa tarian tersebut sengaja ditampilkan sebagai latihan sebelum tampil pada kegiatan Sister School ke Bali pada bulan April mendatang” ucap Bu Dian di akhir acara.

Tidak ada komentar: