Selasa, 28 Februari 2012

Budaya RSBI : Prestasi, Jujur, dan Sopan

Penyerahan piala atau medali setelah upacara hari Senin sudah bukan hal yang asing lagi bagi siswa SMPN 1 Wonosobo. Seolah setiap siswa ingin berlomba menyumbangkan prestasi bagi sekolahnya. Memang, budaya prestasi merupakan salah satu budaya yang ditumbuhkembangkan  di kalangan warga spensa. “Selain budaya prestasi juga budaya jujur dan santun” jelas Parwanto selaku kepala sekolah saat memberikan sambutan penerimaan hadiah lomba tersebut.
Piala yang diserahkan ke sekolah pada Senin (27/2) adalah Juara 1 Lomba Olympiade Sains MGMP IPA Tingkat Kabupaten. Untuk  bidang Biologi diraih  oleh Helmi Hana Prinanda (8D)  sedang  Juara 1 Bidang IPA Fisika oleh Aprilia Ayuning Putri (8A). Lomba yang diselenggarakan pada hari Minggu, 26/2 lalu menjadi penawar kecewa saat Lomba Cerdas Cermat (LCC) Tahun 2011/2012 yang diselenggarakan sebelumnya hanya meraih juara 2 Tingkat Kabupaten. Kekecewaan yang dikeluhkan oleh guru-guru pendamping karena system penyurian yang kurang sportif.
Piala lomba lain yakni Juara 1 MAPSI SMP Kabupaten Wonosobo Tahun 2012 untuk cabang Rebana.
Tim Rebana yang beranggotakan 13  siswa ini telah maju lomba Tingkat Propinsi Jateng dengan meraih Juara Harapan 1. “Juara 2 dan 3 memperoleh nilai yang sama, sehingga dengan selisih nilai yang tipis Tim Rebana kita hanya meraih Juara Harapan 1” kata Suharna selaku guru pendamping Lomba. “Mari kita doakan rekan kita, Heru Santoso (PJP RSBI) dan 12 siswa kita yang mengikuti Sister School di Singapura. Semoga diberi kelancaran dan keselamatan selama perjalanan sampai ke Singapura, hingga kembali lagi ke Tanah Air, Jum’at, 2 Maret 2012” kata Parwanto saat briefing seusai upacara. Keberangkatan peserta Sister School yang dilepas oleh Ibu Wakil Bupati Wonosobo, Maya Rosida sekitar jam 02.00 WIB ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas siswa khususnya dalam kompetensi  berbahasa Inggris aktif.
 Sister School ke Singapura ini merupakan kegiatan yang pertama di luar negeri, kalau yang di dalam negeri sudah tiga kali, yakni ke SMP 2 Purwokerto, SMP 5 Semarang, dan SMP 1 Kudus. “Sister School keempat akan dilaksanakan di Pulau Bali dalam waktu dekat-dekat ini” kata Suci Rahayu selaku Penanggungjawab Standar Proses yang membidangi kegiatan tersebut. (Eko Hastuti, liputan tanggal 27 Februari 2012).

Tidak ada komentar: