Senin, 17 Oktober 2011

RB Srikandi Adakan Pertemuan Rutin KSM


Pertemuan rutin KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Srikandi berlangsung pada hari Senin,17 Oktober 2011 jam 16.00 s/d 18.00 WIB di Rumah Belajar Srikandi, Andongsili, Mojotengah,Wonosobo. Hadir pada acara tersebut, Umi Khulsum, pustakawan Perpusda Wonosobo ” Widya Taruna Loka”. Dalam sambutannya, Umi Khulsum menekankan bahwa konsep Perpustakaan kalau sudah lomba harus ada bekasnya. Artinya, perpustakaan yang sudah pernah maju lomba dan mendapat juara (1, 2 atau 3) harus tetap eksis keberadaannya. Apalagi menurut sifatnya bahwa Perpustakaan itu termasuk ilmu sosial yang selalu berkembang setiap saat. Maka, penyelenggaraan Perpustakaan harus mengikuti perkembangan zaman. Minimal pelayanan ke pemustaka menggunakan sistem otomasi, memiliki blog dan menyediakan koleksi buku yang baru. Bila program otomasi belum bisa, minimal kegiatan pelayanan berjalan rutin, memiliki program kerja, dan pembagian petugas jaga/piket yang  jelas dan terlaksana.
Perpustakaan yang maju dapat mencerminkan bahwa wilayah di sekitar perpustakaan itu juga maju. Dengan demikian, daya dukung perpustakaan bagi keberhasilan pembangunan desa sangatlah besar. Hidup perpustakaan berawal dari perpustakaan tumbuh, perpustakaan berkembang, perpustakaan mantab, perpustakaan maju dan Rumah Belajar.
Perpustakaan Srikandi tumbuh dan  berkembang mulai tahun 2005. Awal tahun 2006 sudah masuk kategori perpustakaan mantap dan terus maju hingga meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa se-Jateng dengan predikat sebagai Rumah Belajar.Konsekuensi sebagai juara maka RB Srikandi terus berupaya agar tetap eksis. Di antaranya dengan mengaktifkan pertemuan rutin KSM pada setiap bulan. Seperti bulan Oktober ini pun, pertemuan diisi dengan kegiatan yang positif, antara lain, Pembinaan wira usaha, kupas buku, simpin, saran usul, laporan keuangan,dll. Secara insidental juga menghadirkan nara sumber, pustakawan, atau  demo memasak guna meningkatkan kreativitasan anggota. Kupas Buku bulan ini diisi dengan sebuah artikel yang berjudul ” Hidup, Tergantung Bagaimana Kita Menyikapi ” yang dapat dibaca di file lain.

Oleh : Eko Hastuti, Ketua Perpustakaan /RB Srikandi

Tidak ada komentar: