Minggu, 09 Oktober 2011

Ekskul Jurnalistik Diminati Siswa

peserta ekskul
Ekstrakurikuler Jurnalistik perdana pada semester 1 tahun pelajaran 2011/2012 dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Oktober 2011 di Ruang Multimedia SMPN 1 Wonosobo. Peserta ekskul Jurnalistik kali ini nampak lebih semarak dari tahun sebelumnya yang kurang lebih berjumlah 25 orang. Kali ini peserta yang hadir berjumlah 25 orang kelas VII dan 13 orang dari kelas 8. Jumlah keseluruhan menjadi 39 orang karena seorang siswa kelas VII izin tidak mengikuti kegiatan karena ada anggota keluarga besarnya yang meninggal. Ekstra yang berlangsung mulai jam 14.00 s/d 16.00 WIB mencakup beberapa kegiatan yang terangkum sebagai berikut. 



1.      Pendataan peserta peserta mengisi blangko data peserta yang terdiri dari kolom no, nama, kelas/no absen, alamat rumah, alamat email, dan no HP/Telp Rumah. Identitas peserta tersebut penting ketika tugas peliputan berita maupun tugas lainnya seperti pembimbingan lomba untuk memudahkan komunikasi.
2.      Mengisi Daftar Hadir
Kehadiran peserta saat kegiatan sangat penting karena dari frekuensi kehadiran dapat tercermin minat peserta dalam mnegikuti kegiatan. Di samping juga sebagai bukti kesungguhan dan kedisiplinan peserta dalam mengikuti kegiatan dan menjadi salah satu alat  penentuan dalam  penilaian akhir.
3.      Penjelasan Umum tentang Ekstra Jurnalistik
Tahap ini sangat penting agar peserta mengetahui dan memahami seluk-beluk Jurnalistik yang mungkin baru didengar bagi peserta kelas VII. Dengan harapan siswa tidak salah pilih jenis ekstra yang diikuti tersebut. Hakekat ekstra adalah untuk menampung , membimbing dan mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang tulis-menulis, maka diperlukan siswa yang punya minat ke arah itu. Setidaknya, mereka yang mau berkembang, gemar membaca, dan mau menulis.
4.      Ruang lingkup Kegiatan
Untuk memperjelas ruang lingkup kegiatan yang akan dilakukan pada ekskul jurnalistik, peserta dibagikan skedul kegiatan Jurnalistik semester 1 yang mencakup :
no, materi, pelaksanaan, pembimbing, jam, dan tempat. Materi ekskul Jurnal semester 1 secara urut adalah Jenis-Jenis Karya Jurnalistik, Teknik Menulis Berita, Reportase Untuk Media, Mengelola Mading Sekolah, Teknik Menulis di Media Massa, Mengelola Majalah Sekolah, Teknik Fotografi, Menulis Artikel, Cerpen, Resensi Buku dan Evaluasi di akhir semester. Setiap pelatihan, setelah penyampaian materi dilanjutkan praktek penulisan / fotografi
5.       Tujuan Ekskul Jurnalistik
Tujuan ekskul Jurnalistik adalah menjadi wadah bagi siswa yang berminat di bidang tulis-menulis, sehingga bakat dan minat  siswa terebut  dapat tumbuh berkembang dan berprestasi saat mengikuti berbagai lomba penulisan. Lebih lanjut, agar membaca dan menulis menjadi kebiasaan sehari-hari bahkan mejadi kebutuhan hidup dan gaya hidup.
6.      Kesan Pesan/ Kritik Saran
90% peserta Ekskul Jurnalistik merasa asyik, senang dan tertarik mengikuti  kegiatan. Sebagian ada yang masih bingung antara jadi ikut atau tidak. Sebagian lagi merasa biasa saja dan satu peserta merasa tidak begitu terkesan karena terlalu capai dengan banyak kegiatan. Siswa yang merasa tertantang merasa tidak sabar untuk mengikuti kegiatan berikutnya seperti mewawancarai nara sumber dan mengelola bulletin sekolah. Kegiatan dipandu oleh Eko Hastuti, Pembimbing ekskul Jurnalistik dan Sudarman, Wartawan Suara Merdeka.
.

Tidak ada komentar: