Jumat, 26 November 2010

Strategi Hidup Sukses

 
Judul Buku
: Strategi Hidup Sukses
Pengarang
: The Liang Gie
Penerbit
: Liberty, Yogyakarta
Tahun
: 1996
Tebal Buku
: 200 hal


Dilihat dari tahun terbitnya, buku ini bisa dibilang bukan buku baru. Namun bila ditinjau dari segi isinya buku ini tidak pernah usang. Strategi Hidup Sukses adalah buku yang tidak akan berhenti dibaca orang sepanjang kehidupan manusia ini belum berakhir. Apa pasalnya? Motivasi hidup seseorang selalu ingin sukses. Artinya ”sukses” menjadi hal yang amat menarik dan tidak bakal usang. Terbukti dengan banyaknya para ahli yang menulis buku tentang sukses. Sukses menurut D.Paul Reilly adalah pencapaian yang berangsur-angsur meningkat terhadap suatu tujuan atau cita-cita yang berharga. Sedang menurut Bernard Haldane, sukses adalah suatu prestasi yang bermutu tinggi. The Liang Gie menyimpulkan sukses adalah pengalaman seseorang dalam pencapaian sesuatu tujuan yang bernilai tinggi dengan mewujudkan prestasi yang memuaskan dan mendatangkan sesuatu imbalan apa pun.

Untuk meraih sukses itu tidak mudah. Sukses dapat terpenuhi bila 3 faktor berikut ini terpenuhi. Pertama, faktor kerja : kerja dengan penuh ketekunan akan menghasilkan prestasi-prestasi yang diinginkan. Kedua, Pengetahuan : Pengetahuan sangat penting demi tercapainya prestasi. Ketiga, Langkah : langkah kerja yang terencana, terarah dan rasional dapat memperlancar pencapaian tujuan. Untuk mencapai sukses, seseorang harus memiliki kepribadian orang sukses. Ada 7 tipe kepribadian orang sukses, yaitu sadar akan tujuan yang ingin dicapai, paham terhadap persoalan yang dihadapi, tabah dalam menghadapi persoalan, murah hati terhadap orang lain, menghargai diri sendiri dan orang lain, percaya diri, dan mampu menerima diri sendiri dengan segala kesalahan dan kelemahan.
Dalam mencapai sukses sering kita menghadapi ketegangan dan stres. Ketegangan yang sangat berlebihan akan menimbulkan berbagai gejala fisik seperti pusing, letih, marah, dan cemas. Stres terjadi karena seseorang menghadapi stressing tertentu dengan ketahanan tertentu. Stres debedakan menjadi 3 macam, yakni tres positif, stres netral, dan stres negatif. Stres positif dapat mengganggu kesehatan. Stres netral dapat mengganggu keseimbangan, dan stres negatif dapat mengakibatkan penyakit. Ada 3 cara menanggulangi stres : 1, mengurangi jumlah atau sukarnya tugas-tugas yang dihadapi, 2, mengurangi tekanan waktu yang menjadi beban baginya, 3, meningkatkan keterampilan melalui pendidikan atau belajar (membaca).
Pada bagian akhir buku ini terdapat lampiran tentang berbagai petunjuk singkat untuk hidup sukses. 26 pedoman mencapai sukses seharí-hari antara lain : tibalah sedikit lebih awal pada setiap perjanjian, bergairahlah pada setiap hal yang anda lakukan, selesaikanlah setiap tugas yang dibebankan, dll.
Buku ini jelas sangat bermanfaat bagi siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kalau anda tertarik membacanya silahkan pinjam di perpustakaan Srikandi. Gratis kok! Selamat Membaca!

Tidak ada komentar: