Selasa, 29 Januari 2013

ISO 9001 : 2008 Tetap Jalan


Mustangin sedang memberikan sambutan

Wonosobo – “ Terima kasih, ternyata system managemen mutu di SMPN 1 Wonosobo sangat bagus. Atas nama PT Global, saya tetap merekomendasikan SMPN 1 Wonosobo dapat menggunakan ISO 9001 : 2008” kata Riscentia Wandira Weksa, auditor ISO pada penutupan Audit Eksternal, Selasa, 29 Januari 2013 di Ruang Multi Media SMP1 Wonosobo. Pernyataan tersebut sangat membanggakan guru dan karyawan mengingat status RSBI tinggal beberapa bulan lagi. 
Audit bagian kurikulum
Artinya walau SMPN 1 Wonosobo tidak menyandang predikat sebagai RSBI lagi namun semangat untuk mempertahankan dan meningkatkan managemen mutu terus diupayakan, dan berhasil. Seperti diakui Kadin Dikpora Kabupaten Wonosobo, Mustangin, S.Pd, M.Si bahwa tingkat kedisiplinan dan kualitas SMPN 1 Wonosobo sudah beliau rasakan saat dulu jadi siswa SMP 1. Diharapkan oleh Mustangin, hilangnya RSBI tidak berpengaruh terhadap mutu layanan. “ Kelasnya tetap sekelas RSBI meski ada pengurangan dana” pesannya. “ Kalau audit internal beres, insyaalloh audit eksternal lebih baik. Seperti nilai ujian nasional di SMP 1 Wonosobo, lebih tinggi dari pada nilai raport. Itu cerminan bahwa sekolah maju” imbuhnya.
Tim ISO SMP 1 foto barsama Auditor PT Global
Audit ISO tahun 2013 ini merupakan audit pengawasan kedua. Dilaksanakan untuk memastikan penerapan managemen ISO 2008 apakah masih ada di SMPN 1 Wonosobo atau tidak. Untuk memotret data tersebut, auditor melakukan wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan. Auditor juga melihat data sebagai bukti sudah melakukan kegiatan. Sedangkan data diambil secara sampling. Apabila ada temuan, jangan dijadikan hambatan tapi sebagai masukan tentang system di SMP1 Wonosobo. Pelaksanaan audit yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB di bawah pantauan Kadin Dikpora Kabupaten Wonosobo, Kabid Pendidikan SMP (Slamet Faizi, M.Si), Pengawas SMP (Hari Subardo, S.Pd, MM) dan Ketua Komite Sekolah (Rustanto AL) ini berakhir jam 17.00 lebih.
Warga spenza foto bareng usai closing meeting
Kesungguhan Top Managemen (Parwanto, S.Pd, MM.Pd) untuk tetap berkomitmen menjadi sekolah unggul dan terbaik di Kabupaten Wonosobo, disambut tepuk tangan meriah oleh segenap warga sekolah. Apalagi pujian auditor di acara closing meeting bahwa pelaksanaan audit yang lebih cepat dari tahun berikutnya, sebagai cerminan kalau dokumennya lebih lengkap. Sasaran mutu juga sudah bagus. Hanya ada beberapa temuan minor di bagian Humas, BK, TU, dan Pengelola Lab. Bravo Spenza Jaya, luar biasa!!(eko Hastuti)

Tidak ada komentar: