Jumat, 21 September 2012

WORKSHOP REVIEW PENINGKATAN KOMPETENSI ACTION RESEARCH


Pembukaan Workshop oleh Bp Sutarmanto
Sebanyak 140 orang guru SD dan SMP RSBI se-Jateng mengikuti workshop review peningkatan kompetensi action research di LPMP Semarang. Kegiatan yang berlangsung tanggal 17 hingga 20 September ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop peningkatan kompeteni menulis PTK yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Sebagai pertanggungjawaban peserta workshop yang didanai sebesar 3.5 juta rupiah, peserta harus mengumpulkan laporan PTK, artikel ilmiah, CD Laporan dan artikel, dan banner/poster.
Peserta workshop (140) orang guru SD & SMP RSBI
Laporan dan poster peserta lalu dilombakan oleh panitia untuk diambil masing-masing tiga besar. Sebelum workshop dimulai, acara dibuka oleh Bp Sutarmanto, M.Pd selaku Kepala Seksi PPTK Dikdas Jateng dilanjutkan pembinaan tentang kebijakan PPTK dan pengarahan program. Beberapa materi inti workshop, seperti Penulisan Laporan PTK, Penilaian Laporan PTK, Teknik Presentasi, Penulisan Artikel, dan Penyusunan dan Penilaian Poster disampaikan oleh nara sumber yang sangat berkompeten yakni Bp Subiyantoro, Bp Achmad Slamet, dan Bp Haryono. Sedangkan pada sesi presentasi, keseluruhan peserta (140) dikelompokkan menjadi 7 wilayah karesidenan dengan satu orang nara sumber. Dengan demikian masing-masing wilayah terdiri dari 20 orang guru SD dan SMP sebagai perwakilan kabupaten/Kota masing-masing. Dari 7 perwakilan wilayah tersebut maju ke tahap berikutnya yakni presentasi pada kelompok besar untuk diambil 3 juara menulis laporan dan 3 juara membuat poster. 
Dalam sambutannya sebelum acara penutupan, Bp Zaenal Arifin (panitia) mengingatkan bahwa “Tujuan action research adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi di dunia pendidikan. Kepada para juara diucapan ‘selamat” sedang kepada mereka yang belum berhasil diharap tetap tekun dan serius karena menulis PTK itu sebenarnya kegiatan yang melekat pada diri setiap guru, baik didanai atau tidak”. Akhirnya,  acara ditutup dengan pembacaan juara menulis laporan dan poster yang akan mendapat piala, piagam, dan uang pembinaan. Sebagai juara 1, 2, dan 3 menulis laporan PTK yakni Syariyah, S. Ag dari SMP N 1 Tegal, Sumejo, S.Pd dari SMPN 1 Banjarnegara, dan Notnati Simatupang dari SMP Karangturi Semarang. Juara membuat poster PTK diraih oleh Nanik Sri Rahayu (SMPN 1 Banjarnegara), Ahmad Bedowi (SD 3 Brebes), dan Hotnati  Simatupang (SMP Karangturi Semarang) sebagai juara 1,2, dan 3. Penilaian poster tersebut dilakukan secara detail, berdasarkan criteria poster yang baik. Yakni menarik perhatian pembaca, dapat menyampaikan pesan secara cepat, tidak terlalu ramai, mudah dibaca, maknanya mudah dipahami, menggunakan ragam bahasa yang resmi, ada keseimbangan/balance antara bentuk, ukuran, warna dan tekstur. Poster yang baik juga mengandung alur dan penekanan pada unsur-unsur tertentu yang penting untuk ditonjolkan, serta bersifat unity (merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga memberikan kesan dan emosi. (ekohastuti)

2 komentar:

Produk Kata mengatakan...

Sebuah kegiatan untuk menggugah kreatifitas menulis...Luar biasa

Eko Hastuti mengatakan...

Makasih. Apresiasi anda pun menggugah dan mengagairahkan untuk terus menulis.