Jumat, 21 September 2012

DESIMINASI PROGRAM WORKSHOP BIMBINGAN KARIR PTK


KS Pendamping MGMP  didampingi Ketua dan Wakil
WONOSOBO - Kamis, 20 September 2012 lalu MGMP SMP/MTs Bahasa Jawa Kabupaten Wonosobo sukses menyelenggarakan kegiatan desiminasi program workshop Pengembangan Karir PTK Dikdas di RM Sari Rasa. Kegiatan yang dibiayai dengan  dana blockgrand pusat ini merupakan kegiatan akhir dari serangkaian program yang telah berlangsung sebanyak 10 kali pertemuan.
Peserta Desiminasi serius ikuti kegiatan
Desiminasi dimaksudkan untuk menyampaikan dan menyimpulkan program-program yang telah dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota, juga kepada penyandang dana. Harapan lain adalah agar mendapat masukan/kritik/saran yang membangun demi terlaksananya program-program sejenis di masa mendatang.

Peserta Desiminasi yang didominasi guru  perempuan
Seperti halnya telah dikemukakan oleh Sri Mulyanto selaku wakil ketua MGMP, bahwa desiminasi merupakan kegiatan akhir dari serangkaian program yang telah berjalan. 
Desiminasi bisa juga disebut  rangkuman dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan”. Imbuhnya, “ MGMP telah melaksanakan kegiatan sebanyak 10 kali pertemuan. Pertemuan 1 tanggal 14 Juli 2012 yang berupa workshop tentang kebijakan Dinas Pendidikan, Pengembangan Karir PTK, Pendalaman materi tentang 8 standar Nasional Pendidikan, dan Kebijakan pelatihan”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kadinas, Kabid Pendidikan SMP, dan Kasi Kurikulum Pendidikan SMP Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo. Sedang pertemuan kedua dan ketiga berlangsung tanggal 19 dan 26 Juli 2012 dengan kegiatan Workshop tentang Sistem Penilaian oleh Kuwat, S.Pd sebagai Tutor. Pertemuan keempat berlangsung tanggal 2 Agustus 2012 dengan topik Menulis Artikel dengan Tutor Dra. Eko Hastuti, Guru SMPN 1 Wonosobo. Bapak Erman Pujianto, S.Pd sebagai Tutor workshop kelima dan keenam dengan materi Bahan Ajar (Modul). Sebagai pucak acara workshop berikutnya adalah workshop RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) oleh Ibu DR Rahaeni Suhita (widyaiswara UNS).
Pertanyaan dari peserta sedang serius didiskusikan
Sebelum sampai pada penghujung acara, workshop tentang KTSP, Penyusunan Silabus dan RPP dilaksanakan di Kampoeng Kali, Banjarnegara. Kegiatan ini dilakanakan bersamaan dengan acara tahunan MGMP yakni Silaturahmi dan Halah Bilhalal seluruh pengurus dan anggota MGMP. Kegiatan desiminasi ini selain dihadiri oleh pengurus dan anggota MGMP Bahasa Jawa SMP/MTs Kabupaten Wonosobo juga hadir Kepala Sekolah Pendamping MGMP, Bp Darmadi Prasaja. Dalam sambutannya, beliau menghimbau agar MGMP Bahasa Jawa menjadi ajang berilaturahmi, berbagi, dan belajar apa pun khususnya bidang bahasa dan sastra Jawa guna mewujudkan guru yang profesional”. Sebelum acara usai, Eko Hastuti menyampaikan hasil workshop penulisan PTK tingkat Jateng yang baru saja diikutinya di LPMP Semarang tanggal 17-20 September 2012. Workshop ini hanya diikuti oleh perwakilan guru SD dan SMP RSBI se-Jateng yang berjumlah 140 orang. Desiminasi selesai sekitar jam 13.00 WIB. (eko hastuti)

Tidak ada komentar: