Jumat, 21 Desember 2012

HORE, DAPAT PAKET SEMBAKO!



WONOSOBO - Judul tulisan ini sekedar bentuk luapan kegembiraan hati karena menerima paket sembako buku. Tidak terbayang sebelumnya, ada paket sembako buku sebanyak 20 judul dari Rumah Dunia, Serang, Banten, Jabar. Istilah sembako buku pun baru saja terdengar bahkan terasa asing di telingaku. Namun, nyata, benar-benar nyata pada hari Senin, 17 Desember 2012 lalu Perpustakaan Srikandi mendapat sembako buku tersebut. 

Eh. Ngomong-ngomong ternyata Rumah Dunia sedang ada program berbagi sembako di berbagai TBM di Indonesia. Hanya dengan membayar Rp. 175.000,- sebagai bantuan penyelenggaraan pertemuan dengan presiden TBM Indonesia, Gol A Gong, kami dapat sembako itu. Aku pun tak ketinggalan ikut mendapatkan sembako setelah membeli beberapa buku karya Gol A Gong terbitan Gramedia dan Gong Publising. Buku berjudul “Tiga Ombak” dan “TE-WE (TRAVEL WRITER) masing-masing dua eksemplar seharga Rp.90.000,- Aha, karena uangku Rp. 100.000,- tidak ada kembalinya, aku dapat satu judul lagi.
Baru dua buku yang selesai kubaca, “TE-WE” dan “ Curhat Habis Bu Guru Kita”. Hem..dua-duanya sangat inspiratif. Di samping sajiannya enak, mengalir, mudah dicerna, juga membakar adrenalin untuk menulis. TE-WE adalah buku yang mengupas tuntas cara mudah menulis catatan perjalanan sedang CHBGK berisi kisah perjuangan guru yang menyulap pengabdian jadi berkilau laksana intan walau sang suami terkena sakit jantung. “Buku ini mesti dibaca untuk menyadari betapa pentingnya peran istri bagi suami dan fungsi seorang ibu bagi anak-anaknya” kata Gol A Gong pada petikan pengantar buku tersebut.
Buku-buku lain yang berjudul : Negeri Cinta Batanghari, Senandung Rindu Natura, From Kontrakan With Love, Gilalova 3, Gadis Bukan Perawan, Tamasya ke Masjid, Rembulan di Tanah Melayu, Habis Gelap Terbitlah terang, Melihat Tanpa Mata, Read Aloud Magic, Gilalova, Segila-Gila Cinta, Membangun Peradaban, dan Membaca Banten Membaca Indonesia  sudah antri untuk dibaca. Anda tertarik untuk ikut membaca? Silakan berkunjung ke Perpustakaan Srikandi, silakan baca sepuasnya. Asal ngabari dulu kapan anda siap berburu baca buku-buku sembako dari Rumah Dunia, yang dipelopori oleh Gol A Gong.
Siapa sih Gol A Gong itu? Gol A Gong lebih senang disebut pengelana (traveler) karena sebutan itu terdengar maco. Gol A Gong pernah mengelilingi nusantara secara lifting (1986-1988) dan dikenal sebagai penulis novel petualangan “Balada Si Roy”. Pernah jadi wartawan HAI (1989), Warta Pramuka (1995), sebagai Creative di Indosiar (1995) dan RCTI (1996-2008). 
Bukunya Perjalanan Asia (1993) hasil perjalanannya di Asia (1990-1992) dan The Journey (2008) menjadi rujukan para petualang masa kini. Sudah 90 novel ditulisnya. Demikian sepenggal biodata Gol A Gong yang tertera di balik sampul belakan buku TE-WE. Luar Biasa, makasih Mas Gol A Gong buku sembakonya dan hadiah karena aku bertanya di acara bincang-bincang di Cofeepaste kemarin. Eh, aku juga memberi dua buku lho untuk Rumah Dunia. Guru Kehidupan karyaku dan Karya Sastra dan Jurnalistik karya anak-anak yang tergabung di ekskul Jurnalistik SMPN 1 Wonosobo. (Eko Hastuti)

Tidak ada komentar: