Rabu, 09 April 2014

Rekam Jejak Perpustakaan Srikandi

Perpustakaan Srikandi
Besuk adalah Hari Jadi Perpustakaan Srikandi, Andongsili, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo ke-9. Agaknya layak bila kami Rekam Jejak Perpustakaan Srikandi untuk evaluasi dan introspeksi. Semoga ke depan Perpustakaan Srikandi lebih baik.



1.      Tanggal 10 April 2005 didirikan oleh KPPB (Kelompok Perempuan Peduli Buku) dengan unsur pengurus PKK RW 6 Manggisan Asri, Andongsili, Mojotengah, Wonosobo.
Visi Perpustakaan Srikandi : Dengan Buku Ibu Maju, Anak Cerdas, dan Masyarakat Berkualitas.
Tujuan : meningkatkan minat dan budaya baca, memberi wadah bagi ibu-ibu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga dapat membuka peluang usaha, menjadi alternatif tempat rekreasi yang murah namun dapat menambah pengetahuan dan wawasan, dan meningkatkan koalitas hidup masyarakat di sekitar perpustakaan Srikandi.
2.      Tahun 2006 mengikuti Lomba Perpustakaan Desa tingkat Jateng dan mendapat Juara I. Setelah menjadi juara banyak dikunjungi pengelola perpustakaan desa lainnya baik dari kabupaten Wonosobo maupun dari luar kabupaten  Wonosobo.
3.      Tahun 2007 s/d 2009 tetap melaksanakan program layanan meski banyak kendala. Kegiatan yang pernah dilakukan antara lain, layanan peminjaman, layanan baca di tempat, pembinaan kelompok usaha kecil, bimbingan menulis kreatif, bimbinan menjadi MC, lomba mewarnai, lomba menulis puisi, dll.
      Mengikuti Workshop Pengelola TBM tingkat Jateng di Semarang diwakili oleh  Bu Puji RT 03. Tahun berikutnya mengikuti Pelatihan Pengelola Perpustakaan di LPMP Jateng diwakili oleh Eko Hastuti dan Indarti.
4.      Tahun 2010 mengikuti Lomba Menulis Puisi Tirto Utomo Award I pada HUT Perpusda Wonosobo, dan mendapat Juara I kategori SD (Nadya Fitriana) dan Juara 1 kategori SMP (Marcha Dwi Rizkika).
      Tanggal 28 April 2010 menghadiri pertemuan anggota FPDW (Forum Pengelola Perpustakaan Desa) yang ke-2 di Rumah Baca Istana Rumbia (Lipursari, Loksono)
      Tanggal 12 s/d 14 April 2010 mengikuti Workshop Pengelola TBM Se-Jateng Angkatan  III, di Gedung Monumen PKK Provinsi Jawa Tengah diwakili oleh Bu Indarti.
      Tanggal 20-23 Mei 2010 mengikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola TBM Se-  Indonesia di Hotel Sahid, Surabaya. Hal penting dari kegiatan ini adalah program pengembangan budaya baca dan pengembangan perpustakaan untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat, memperluas pengetahuan serta produktivitas masyarakat.

Ruang Baca Perpus Srikandi
5.      Tahun 2011 mengikuti Lomba Menulis Puisi, Tirto Utomo Award II dan       mendapat
      Juara 1 kategori SMP/SMA oleh Marcha Dwi R dan masuk nominasi (Nadya Fitriana)
6.      Tahun 2012 mengikuti Lomba Menulis Cerpen dan Mading Tirto Utomo Award III, mendapat Juara 1 Umum (Eko Hastuti) dan Juara 3 kategori SMP (Alysfiska Diffa W.), dan Juara Harapan 1 Lomba Mading sehingga terpilih menjadi Juara Umum.
      Tanggal 20 Desember 2012 mendapat kunjungan dari rekanan Yayasan Tirto Utomo Foundation, Robin Hartanto, dan staff Perpusda Wonosobo (Warih Seto) untuk melakukan surve penulisan buku.
7.      Tahun 2013 mengikuti Lomba Menulis Cerpen dan Mading Tirto Utomo Award IV mendapat Juara 1 Kategori SMA oleh Reny Slamet  dan Juara Harapan IV Mading oleh Tim Mading Perpus Srikandi
8.      Tahun 2014 mengikuti Lomba Berpidato dan Menulis Resep, mendapat Juara 1 kategori SMP/SMA Lomba Pidato (Anindita), dan Juara Harapan I kategori SD oleh Iyes.
9.      Mengadakan pertemuan rutin setiap tanggal 14 setiap bulannya, dengan kegiatan pembinaan KSM, kupas buku, simpin, arisan, dll. Mulai bulan April 2014 ditetapkan pertemuan setiap tanggal 10.
10.  Mendapat pembinaan dari Coca Cola Foundation Indonesia berupa  bimbingan teknis Kelompok Swadaya Masyarakat bekerja sama dengan LSM Bina Swadaya Cabang Kebumen selama dua tahun. Sehingga menjadi percontohan bagi desa-desa lain di kelurahan Andongsili.
11.  Kegiatan lain, seperti menghadiri HUT Perpustakaan Desa Bergema, Desa Pathak Banteng, peresmian pendirian Perpustakaan Kartini, Desa Andongsili, study banding ke Perpustakaan SMP Selomerto II dan Perpustakaan Al-Manan Kebrengan, dll 

 Kiprah kami memang tidak seberapa, semoga pengabdian kami berguna bagi kemajuan Pendidikan di Indonesia
(Disampaikan pada acara HUT ke-9 Perpustakaan Srikandi, tanggal 10 April 2014 oleh Eko Hastuti)

Tidak ada komentar: