Rabu, 07 Juli 2010

SOSIALISASI HASIL KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA TBM DI TBM SRIKANDI

Setiap tanggal 14 TBM Srikandi mengadakan acara rutin dalam rangka pertemuan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Srikandi dan Pra Koperasi Srikandi. Diantara rangkaian tersebut adalah iuran rutin bulanan, simpan pinjam, praktek ketrampilan hidup, arisan, kupas buku, dan sosialisasi hasil kegiatan yang diikuti oleh pengelola TBM. Seperti kali ini, sosialisasi disampaikan oleh ketua TBM Srikandi yang telah mengikuti Kegiatan Peningkatan Pengelola TBM di Hotel Sahid Surabaya. Pada kesempatan itu hadir 35 orang anggota yang kesemuanya perempuan. Pada acara tersebut disampaikan hal-hal yang berkaitan dengan upaya peningkatan budaya baca. Bahwasannya :
- Program pengembangan budaya baca dan pengembangan perpustakaan bertujuan untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat, memperluas pengetahuan serta produktifitas masyarakat.
- Kiat-kiat praktis yang bisa dilakukan antara lain : mempraktekkan ketrampilan dari hasil membaca seperti memasak, membuat anyaman bambu, budi daya ikan, dan berbagai keterampilan hidup lainnya.
- TBM perlu memberikan bimbingan peningkatan kemampuan membaca masyarakat melalui aktivitas seperti lomba meringkas isi bacaan, lomba membuat synopsis, lomba membaca cepat, diskusi tentang sebuah topic dalam suatu buku, bimbingan menulis kreatif, dll.
- Agar program pengembangan budaya baca dapat berhasil perlu dilakukan penyediaan bahan bacaan yang berguna, bermutu, dibutuhkan, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Berdasarkan pada ketentuan-ketentuan tersebut, sebenarnya TBM Srikandi telah melakukan berbagai variasi layanan yang positif dan berguna bagi pengguna TBM, melalui kegiatan-kegiatan seperti : praktek memasak, praktek kerajinan tangan (membuat gantungan kunci, menghias toples, tempat tissue, tempat tusuk gigi) , pembinaan kelompok usaha (keripik tempe, kedelai,bayam, membuat sambal pecel, telor asin, dll), lomba menulis dan membaca puisi, budiyada ikan, bertanam bunga,lomba mewarnai, lomba melukis, dll.

2 komentar:

barcoda mengatakan...

asalamualaikum

mav bu sy mau tanya?
bagaimana cara buat "laporan praktek pembinaan di TBM"?

sy lagi nyari referinsi
seblm'y sy ucapkan terimakasih

Eko Hastuti mengatakan...

Maaf,baru balas.Laporan praktek pembinaan TBM meliputi program,pelaksanaan kegiatan,pendanaan, hasil,kendala yang dihadapi dan prestasi yang dicapai kalau ada.Bentuk laporan disusun seperti membuat proposal dan dijilid.