Rabu, 07 Juli 2010

Materi Kupas Buku tanggal 14 Maret 2010

Judul Buku : What,s Wrong With Me?
Pengarang : Lynn M.Dannheiseer & Jeryy m.Rosenbaum, M.D
Penerjemah : Risa Praptono
Penerbit : Dian Rakyat, Jakarta
Tahun Terbit : 2006
Tebal Buku : 300 hal



Ketika salah satu dari anggota keluarga kita sakit, sering kita jadi bingung dan takut. Bingung karena mau periksa ke dokter pasti biayanya banyak, dan takut kalau-kalau penyakit tersebut membahayakan keselamatan jiwa anggota keluarga kita. Agar kita bisa bersikap tenang, perlu banyak mengenali gejala berbagai penyakit. Dengan demikian, kita tidak harus cepat-cepat ke dokter untuk berobat.
Buku yang berjudul “ What’s Wrong With Me?” ini berisi informasi untuk mendiagnose gejala berbagai penyakit. Buku ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu menjadi detektif medis anda sendiri, mendiagnose penyakit misterius anda, dan hidup dengan penyakit misterius anda.Pada bagian akhir buku ini, kita juga dipandu agar dapat menemukan kesehatan dalam pikiran dan jiwa kita. Caranya dengan 3 G yaitu Giving (Memberi), Gratitude (Bersyukur), dan Grace (Kebaikan). Memberi tidak harus dengan materi, dapat berupa pujian, tersenyum, lelucon yang menarik, memberi semangat, dll. Dengan begitu orang lain akan bersikap yang sama dengan kita dan kita pun akan terkurangi beban psykhis yang membuat kita sakit. Bersyukur memberi efek menenangkan. Dengan bersyukur kita mengakui kuasa Tuhan yang telah menganugerahkan kita berupa kesehatan. Jadi, ketika sehat, kita akan menjaganya dengan baik dan menggunakan kesehatan itu untuk hal-hal positif / baik. Sedangkan kebaikan maksudnya adalah memaafkan dan bermurah hati kepada orang lain.
Buku ini juga memberitahu banyak bagaimana kita memilih dokter yang tepat dan membentuk tim medis sendiri. Yang lebih menarik lagi, kita jadi tahu bagaimana hidup nyaman waktu didera sakit yang belum terdiagnosis. Bagi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut isi buku ini, silahkan baca sendiri di TBM Srikandi.

Tidak ada komentar: