Rabu, 03 Oktober 2012

EKSUL JURNALISTIK PERDANA

WONOSOBO - Selasa, 2 Oktober 2012 lalu, ekskul Jurnalistik SMPN 1 Wonosobo telah berlangsung di ruang Multi Media mulai jam 12.45 s/d 15.00WIB. Ekskul ini diikuti oleh 17 orang siswa yang terdiri dari 14 siswi dan 3 siswa. Kegiatan perdana ini mengawali kegiatan pengembangan diri di bidang tulis-menulis khususnya bagi peserta ekskul Jurnalistik periode 2012/2013.
“ Sekarang ini kompetensi menulis terasa begitu penting. Banyak pihak dituntut agar mau dan mampu menulis sebagai media pengembangan diri maupun pengembangan kerir. Guru misalnya, agar bisa naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi harus mau melakukan kegiatan menulis karya ilmiah (PTK). Mahasiswa harus sanggup menyelesaikan skripsi dan meringkasnya menjadi artikel dan dimuat di jurnal-jurnal kampus kalau ingin menjadi sarjana. Siswa SMA dan SMP pun sudah harus bisa menulis berbagai jenis tulisan untuk menyelesaikan tugas pembelajaran. Jadi, tulisan baik fiksi maupun non fiksi sudah tidak asing lagi. Jadi, memperdalam dunia tulis-menulis memang sangat penting dan bermanfaat”, kata Eko Hastuti mengawali kegiatan.
“Khususnya bagi sekolah yang bernaung di bawah bendera RSBI, menulis semakin terasa penting. Hal ini penting karena publikasi ke media menjadi salah satu bentuk pencitraan publik. Ciri kas RSBI adalah adanya nilai keunggulan di dalam publikasi proses maupun hasil penyelenggaraan pendidikan” imbuh Eko Hastuti mantab.
 Sedangkan untuk materi Jurnalistik kali ini mencakup kegiatan penulisan fiksi dan non fiksi. Tulisan jenis non fiksi seperti berita.reportase, profil, laporan,liputan, karya ilmiah (artikel) akan disampaikan oleh Eko Hastuti selaku pembimbing dari dalam. Materi fiksi akan dibimbing oleh Kak Vanera EL-arj (penyair wonosobo) selaku pembimbing dari luar. Dengan menghadirkan pembimbing dari luar, eksul diharapkan bisa lebih menarik dan maju.
Beberapa usulan yang dilontarkan oleh peserta antara lain, kegiatan agar diselingi dengan pemutaran film (Dena Isti Pasha), agar kegiatan reportase dibagi rata ke semua peserta (Lintang Madani), kegiatan diperbanyak praktek dengan liputan langsung (Tunjung), dan agar pembentukan pengurus kelas dicek kembali (Adrian). Maksudnya, ketua, sekretaris dan bendahara yang terpilih tidak sekaligus menjadi ketua redaksi bulletin sekolah.
 Ekskul Jurnalistik akhirnya usai jam 15.00 WIB, dengan agenda meliput beberapa momen istimewa yang diantaranya : meliput Fahmi (Juara OSN), Peserta KIR tingkat Nasional (M. Aruf dan Desfizar), Pembina KIR (Bu Tutik dan Pak Heru), Tim Basket, Rehab Gedung kelas 8, dan liputan ekskul di spensa sobo yang berjumlah 16 macam. Untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi, peserta ekskul dibagi dalam 6 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 orang. Grup Jurnalistik di face book juga menjadi ajang berbagi dan bersinergi antar anggota. Media lain seperti Blog EKSIS SPENZA : http://eksisku.wordpress.com/  dan Komunitas Pecinta Sastra Wonosobo, juga dapat mmenjadi media publikasi karya para jurnalis spenza sobo ini. Oke, selamat berkarya, semoga spenza sobo tetap jaya dan membahana. Amin (Eko Hastuti).

Tidak ada komentar: