Rabu, 21 September 2011

SOSIALISASI PENILAIAN KINERJA GURU DAN PENILAIAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

“ Sekarang ini menjadi guru bukan pekerjaan yang mudah. Sudah punya sertifikat pendidik bukanlah profesi sembarangan “  kata Hari Subardo, S.Pd  MM  selaku Pengawas SMP saat berlangsung Sosialisasi Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Keprofesian Berkelanjutan, Rabu, 24 Agustus 2011 di  ruang Multi Media SMPN 1 Wonosobo. Memang, “ Profesionalisme sebagai guru benar-benar harus bisa dipertangungjawabkan” imbuhnya. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru, yakni kompetensi pedagogic, kepribadian, social, dan professional. Dari 4 kompetensi tersebut dijabarkan menjadi 14 kompetensi yang akan dinilai di lapangan. Dalam pelaksanaannya, Kepala Sekolah bersama 5 orang guru senior yang akan menilai. “ Semua aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran akan dicatat oleh penilai” kata Hari Subardo dengan jelas.

“ Segera dibuat Action Plan Penilaian Kinerja Guru dan Keprofesian Berkelanjutan di SMPN I Wonosobo, mengingat kita ditunjuk sebagai Pilot Projec PKG dan PKB “ kata Heru Santoso, S.Pd M.Pd selaku PJP RSBI SMPN I Wonosobo. “ Dalam satu tahun akan dinilai dua kali. Khususnya SMPN I Wonosobo bulan Oktober akan ada monitoring dari Jakarta” tambah Heru mantap.

Dalam sambutannya, Parwanto, S.Pd selaku Kepala SMPN I Wonosobo mengingatkan bahwa  pendidikan bukan hanya merupakan pilar terpenting dalam upaya mencerdaskan bangsa, tetapi juga merupakan syarat mutlak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan”. Lanjutnya, “ Adanya monev jangan sampai meresahkan guru karena pada dasarnya pemerintah akan menjadikan guru professional itu bermartabat dan sejahtera”. “ Nilai kinerja guru dikonversikan ke dalam nilai angka kredit yang harus dicapai (125%, 100%, 75%, 50%,25%). Lalu angka kredit yang telah mencapai tersebut  digunakan untuk kenaikan karier guru” tambah Parwanto

Acara yang diikuti oleh semua guru dan karyawan SMPN I Wonosobo itu dihadiri pula oleh Pengurus Komite yakni Bp Luluk Purwanto, Bp Slamet Eko Suprapto dan Bp Eko Suryantoro. Hadir pula Kasi Tendik SMP Kab Wonosobo Bp Jazim, S.Pd dan Bp Isnanto, S.Pd MM Kasi Sarpras TK/SD yang juga sebagai Koordinator PKG Kab Wonosobo. Tepat sirine berbunyi   acara usai dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

Tidak ada komentar: