Kamis, 20 Desember 2012

Perpustakaan Srikandi, Inspiratif!



WONOSOBO - “Inspiratif! Saya kagum dengan para ibu di sini yang giat mencerdaskan masyarakat! Semoga Srikandi semakin perkasa!” kesan Robin Hartanto saat berkunjung di Perpustakaan Srikandi, Kamis, 20 Desember 2012 bersama Warih Seto, staf dari Perpusda Wonosobo. Kehadiran yang tak disangka itu, membuat sedikit kaget petugas Perpus Srikandi. Nggak ada angin, nggak ada hujan, e..datang tak ada kabar terlebih dulu. 

Rupanya, Robin sebagai rekanan Yayasan Tirto Utomo ini sedang mendapat proyek membuat buku tentang Tirto Utomo dalam perannya ikut mencerdaskan bangsa melalui berbagai kegiatan yang di bawah binaannya. Diantaranya adalah binaan pada perpustakaan-perpustakaan desa yang tersebar hampir di seluruh penjuru tanah air. “Sebelum di Wonosobo, saya telah berkunjung di Sumbar, Sumtim, Flores, Sintang, Brastagi, Samosir, dan Nias. 
Setelah dari sini saya melanjutkan surve ke wilayah Yogyakarta, seperti Slogoimo, Wonosari, Baukan, dsbnya. Untuk wilayah Wonosobo termasuk banyak yang dikunjungi mengingat Wonosobo menjadi tempat lahir Tirto Utomo, jadi ada hubungan darah” kata Robin saat ditanya aktivitasnya kali ini. Alumnus Arsitektur UI tahun 2012 yang pintar nulis ini ternyata juga seorang blogger yahoo. Sikapnya yang ramah membuat kami betah ngobrol berlama-lama hingga adzan Magrib berkumandang.
 Demikian juga dengan Warih Seto, Staf Perpusda Wonosobo juga enak diajak ngobrol. Banyak masukkan yang kami peroleh dari petugas layanan Perpusda ini. 
Di antaranya tentang kiat Wonosobo selalu menjuarai lomba Perpustakaan Desa tingkat propinsi bahkan nasional. Memang sejak tahun 2004 Perpustakaan Desa di Wonosobo selalu menjuarai (Juara 1) Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Jateng. Yang terakhir (2012) ini bahkan Perpustakaan Al-Bidayah, Sapuran menjuarai tingkat nasional. Salah satu triknya adalah memanfaatkan tipografi  Wonosobo dalam pembinaan dan pendampingan kegiatan. Kepada Perpustakaan yang kategori tumbuh, akan digenjot sedemikian rumah oleh pustakawan Perpusda hingga tergerak dan tertantang untuk maju seperti desa/kelurahan lainnya. Dalam kesempatan kunjungan ini, Warih Seto berpesan kepada pengelola  Perpustakaan Srikandi agar, “ maju terus Srikandi Indonesia”.
 Pesan ini tidak terlalu berlebihan, mengingat perpus Srikandi pernah menyabet juara 1 Lomba Perpustakaan Desa tingkat Jateng pada tahun 2006. “Minimal dapat eksis seperti waktu lomba itu sudah baik”, imbuh Warih Seto. OK, makasih Robin dan Seto yang telah berkunjung di Perpus Srikandi, Kelurahan Andongsili, Kecamatan Mojotengah, Kab Wonosobo. “ Terima kasih atas kunjungannya, semoga kehadiran di perpus Srikandi semakin menggeliatkan berbagai  aktivitas kami, baik dari segi layanan maupun pengembangan minat baca. Entah itu berupa layanan pinjaman, bimbingan menulis, peningkatan kelompok binaan, dan lain-lain” kata Eko Hastuti selaku ketua Perpustakaan Srikandi saat Robin dan Seto berpamitan.

Tidak ada komentar: